- Back to Home »
- Manajemen Proyek »
- MANAJEMEN KOMUNIKASI PADA MANAJEMEN PROYEK
Assalamualaikum
Hi sobat blogger!!
Kali ini saya akan
memberikan informasi mengenai menajemen komunikasi pada manajemen proyek. manajemen
komunikasi ini sangat penting untuk suatu manajemen proyek demi kelancaran
komunikasi dalam perkembangan manajemen suatu proyek. berikut informasi
mengenai manajemen komunikasi.
·
Apa
itu Manajemen Komunikasi?
Manajemen Komunikasi
Proyek adalah sebuah bidang yang wajib dimiliki manajer proyek dengan tujuan
agar semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat
dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat pula.
Adapun Proses proses dalam manajemen komunikasi proyek yang meliputi :
A. Merencanakan
Komunikasi ( Plan Communication Management )
B. Mendistribusikan
Informasi ( Manage Communication )
C. Mengontrol
Komunikasi / ( Control Communications )
·
Merencanakan
Komunikasi
Merupakan proses
menentukan kebutuhan informasi stakeholder proyek dan menentukan sebuah
pendekatan komunikasi. Tentu setiap proyek harus memasukkan sebuah model
rencana manajemen komunikasi yang merupakan sebuah dokumen untuk menuntun
komunikasi proyek. Adapuni isi dari rencana manajemen komunikasi :
1. Persyaratan
komunikasi Stakeholder.
2. Informasi
yang akan dikomunikasikan, termasuk bentuk, isi, dan rinciannya.
3. Orang-orang
yang akan menerima informasi dan yang akan memberikan informasi tersebut.
4. Metode
atau teknologi yang disarankan untuk menyampaikan informasi.
5. Frekuensi
komunikasi.
6. Prosedur
eskalasi/peningkatan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan.
7. Prosedur
revisi untuk memperbaharui rencana manajemen komunikasi.
8. Daftar
istilah yang berkaitan dengan manajemen komunikasi.
·
Mendistribusikan
Informasi
Manajer Proyek juga
harus dapat mendistribusikan informasi. Mendistribusikan informasi yang
dimaksud adalah menyampaikan informasi yang tepat kepada orang yang tepat pada
waktu yang tepat dan dalam format yang berguna yang sama pentingnya dengan
mengembangkan informasi sebagai prioritas utama. Tentu ada pertimbangan —
pertimbangan penting yang meliputi :
1. penggunaan teknologi untuk meningkatkan
pendistribusian informasi.
2. Metode
formal dan informal dalam pendistribusian informasi.
·
Mengontrol
Komunikasi
Agar komunikasi proyek
terjadi dengan baik tentu manajer proyek harus melaporkan kinerjanya. Pelaporan
kinerja akan memberikan informasi pada para stakeholders mengenai bagaimana
sumber daya yang digunakan untuk mencapaian tujuan -tujuan proyek. Adapun yang
di deskripsikan dalam pelaporan kinerja yang meliputi :
1. Status
reports mendeskripsikan posisi atau perkembangan proyek pada suatu waktu
tertentu.
2. Progress
reports mendeskripsikan apa yang telah dicapai oleh tim proyek selama suatu
periode tertentu.
3. Forecasts
memprediksi status dan perkembangan proyek di masa yang akan datang berdasarkan
informasi dan trend sebelumnya.
Adapun tips dan saran
pada para manajer proyek untuk meningkatkan komunikasi proyek seperti :
1. Confrontation:
langsung menghadapi konflik menggunakan pendekatan problem-solving (pemecahan
masalah).
2. Compromise:
menggunakan pendekatan give-and-take (memberi dan menerima).
3. menjauhi
perbedaan dan lebih menekankan pada agreement (persetujuan).
4. pendekatan
win-lose (menang-kalah).
5. Withdrawal:
menarik diri dari disagreement (perbedaan/ketidak-setujan) yang ada atau
mungkin terjadi.
Hanya itu yang dapat
saya jelaskan. Apabila terdapat saran dan masukan silahkan komentar dikolom
komentar ya gaiss.
Demikian artikel singkat dari saya, semoga
teman-teman dapat memaklumi jika terdapat kesalahan dalam pembahasan.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada
teman-teman pembaca
Wassalamualaikum wr.wb