- Back to Home »
- Manajemen Proyek »
- JAMINAN KUALITAS POYEK PADA MANAJEMEN KUALITAS PROYEK
Assalamualaikum
Hi sobat blogger!
Pada blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai jaminan pada manajemen kualitas proyek. Pada suatu proyek pasti harus memiliki jaminan, dimana jaminan ini akan membantu dalam keselamatan pengerjaan proyek hingga berhasil.langsung saja berikut ppenjelasan dari jaminan pada manajemen kualitas proyek.
·Jaminan Kualitas Proyek
Merupakan semua aktifitas yang dilakukan oleh
organisasi proyek untuk memberikan jaminan tentang kebijakan kualitas, tujuan
dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan
yang sudah disepakati. Kualitas yang dimaksud di sini biasanya memiliki
hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan sejumlah standar internasional,
seperti contohnya adalah memenuhi ISO sebagai panduan sistem manajemen mutu
(misalnya dalam pembuatan aplikasi diperhatikan kaidah baku software engineerin
yang memenuhi software quality assurance). Diartikan sebagai totalitas
ekspektasi yang diharapkan oleh pemrakarsa atau sponsor proyek; dalam arti kata
mereka yang termasuk di dalam stakeholder proyek mendefinisikan
harapan‐harapannya terhadap hasil dari proyek yang dikerjakan.
Kualitas adalah derajat dari beberapa karakteristik pemenuhan
requirement. Terdiri dari beberapa aktifitas :
• Quality Planing, mengidentifikasi standar kualitas untuk
pelaksanaan proyek dan bagaimana memenuhinya
• Quality Assurance, mengimplementasikan rencana
jaminan kualitas agar proyek memenuhi semua requairement
• Quality Control, memonitor hasil pelaksanaan proyek apakah memenuhi standar kualitas atau tidak
·Tahapan Manajemen Kualitas
Berikut ini adalah tahapan pada manajemen kualitas :
1.
Perencanaan
Kualitas
Proses
mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang
dikerjakan, dan menentukan bagaimana agar dapat memenuhi standar kualitas tersebut.
2.
Penjaminan
Kualitas
Menjalankan
apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan
semua proses yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan.
3.
Mengendalian
Kualitas
Memonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.
·Input Perencanaan Kualitas
a.
Enterprise
Environmental Factor
• Struktur dan budaya
organisasi
• Standar industri
• Fasiltas/peralatan
• Sumber Daya Manusia
• Project Management
Information System
• Stakeholder
• Standart estimeting database
b.
Organizational
Process Assets
• Proses dan prosedur organisasi dalam
melaksanakan proyek. Contoh organisasi, cara kerja, keuangan
•
Informasi dan standart organisasi. Contoh gaji, dokumen proyek
c.
Project
Scope Statement
d. Project Management Plan
·Tools & Techniques Cost benefit analysis Benchmarking
a.
Mengurangi
pengulangan pekerjaan
b.
Meningkatkan
produktifitas
c.
Mengurangi
biaya
d.
Meningkatkan
kepuasan stakeholder
e.
Benchmarking
f.
Menandai
dan membandingkan aktifitas proyek dengan proyek sejenis
g.
Design
of Experiment
h.
Melakukan
uji coba terhadap design dan melakukan analisis kondisi optimal
Cukup itu yang dapat saya berikan informasi mengenai jaminan
pada manajemen kualitas produk. Apabila ada saran atau masukan, silahkan isi
dikolom komentar ya gais. Terimakasih dan tunggu blog selanjutnya ya 😊