Posted by : SHINTA FESRI WANDIRA TI A 1907111419 Tuesday, November 3, 2020

 Assalamualaikum

Hi sobat blogger!

            Pada blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai jaminan pada manajemen kualitas proyek. Pada suatu proyek pasti harus memiliki jaminan, dimana jaminan ini akan membantu dalam keselamatan pengerjaan proyek hingga berhasil.langsung saja berikut ppenjelasan dari jaminan pada manajemen kualitas proyek.



                    ·Jaminan Kualitas Proyek

Merupakan semua aktifitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk memberikan jaminan tentang kebijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati. Kualitas yang dimaksud di sini biasanya memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan sejumlah standar internasional, seperti contohnya adalah memenuhi ISO sebagai panduan sistem manajemen mutu (misalnya dalam pembuatan aplikasi diperhatikan kaidah baku software engineerin yang memenuhi software quality assurance). Diartikan sebagai totalitas ekspektasi yang diharapkan oleh pemrakarsa atau sponsor proyek; dalam arti kata mereka yang termasuk di dalam stakeholder proyek mendefinisikan harapan‐harapannya terhadap hasil dari proyek yang dikerjakan.

Kualitas adalah derajat dari beberapa karakteristik pemenuhan requirement. Terdiri dari beberapa aktifitas :

• Quality Planing, mengidentifikasi standar kualitas untuk pelaksanaan proyek dan bagaimana memenuhinya

• Quality Assurance, mengimplementasikan rencana jaminan kualitas agar proyek memenuhi semua requairement

• Quality Control, memonitor hasil pelaksanaan proyek apakah memenuhi standar kualitas atau tidak

·Tahapan Manajemen Kualitas

Berikut ini adalah tahapan pada manajemen kualitas :

1.      Perencanaan Kualitas

Proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang dikerjakan, dan menentukan bagaimana agar dapat memenuhi standar kualitas tersebut.

2.      Penjaminan Kualitas

Menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan.

3.      Mengendalian Kualitas

Memonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.

                ·Input Perencanaan Kualitas

a.       Enterprise Environmental Factor

• Struktur dan budaya organisasi

• Standar industri

• Fasiltas/peralatan

• Sumber Daya Manusia

• Project Management Information System

• Stakeholder

• Standart estimeting database

b.      Organizational Process Assets

 • Proses dan prosedur organisasi dalam melaksanakan proyek. Contoh organisasi, cara kerja, keuangan

• Informasi dan standart organisasi. Contoh gaji, dokumen proyek

c.       Project Scope Statement

d.      Project Management Plan

                        ·Tools & Techniques Cost benefit analysis Benchmarking

a.       Mengurangi pengulangan pekerjaan

b.      Meningkatkan produktifitas

c.       Mengurangi biaya

d.      Meningkatkan kepuasan stakeholder

e.       Benchmarking

f.        Menandai dan membandingkan aktifitas proyek dengan proyek sejenis

g.      Design of Experiment

h.      Melakukan uji coba terhadap design dan melakukan analisis kondisi optimal

Cukup itu yang dapat saya berikan informasi mengenai jaminan pada manajemen kualitas produk. Apabila ada saran atau masukan, silahkan isi dikolom komentar ya gais. Terimakasih dan tunggu blog selanjutnya ya 😊

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Shinta Fesri Wandira - Disclaimer - Teknik Informatika -Privacy Policy-