- Back to Home »
- Manajemen Proyek »
- MANAJEMEN BIAYA PADA SUATU PROYEK
Assalamualaikum
Hi sobat
blogger!!!
Kali ini saya akan membawakan materi mengenai manajamen biaya pada suatu proyek. Dalam pembuatan ataupelaksanaan dalam suatu proyek, tidak hanya manajemen waktu saja yang dibutuhkan, melainkan manajemen biaya pun diperlukan. Karena, suatu proyek tidak akan berjalan apabila salah satu syarat atau ketentuannya seperti biaya ini tidak ada. Maka dari itu perlu manajemen biaya proyek. Simak lebih lanjut yaa, selamat membaca.
o Pengertian Manajemen Biaya Proyek
Biaya adalah semua sumber daya yang harus dikorbankan
untuk mencapai tujuan spesifik atau untuk mendapat sesuatu sebagai gantinya. Biaya
pada umumnya diukur dalam satuan keuangan seperti dollar, rupiah dan lain
sebagainya. Perhatian utama dalam manajemen biaya proyek adalah pada biaya
sumberdaya yang digunakan untuk menyelesaikan kegiatan dalam jadwal proyek.
Manajemen biaya proyek meliputi proses-proses yang
diperlukan untuk menjamin agar anggaran biaya yang telah disetujui cukup untuk
menyelesaikan semua pekerjaan dalam lingkup proyek. Ada juga pengertian lainnya
dari manajemen biaya proyek yaitu manajemen biaya proyek adalah suatu proses
atau kegiatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek akan dapat
diselesaikan dalam suatu anggaran yang telah disetujui. Sumber dari manajemen
biaya proyek yaitu :
1.
Tenaga
kerja
2.
Material
3.
Kebutuhan
perlengkapan dan fasilitas
4. Transportasi
o Proses Manajemen Biaya Proyek
Berikut ini ada beberapa proses dari manajemen biaya
proyek yang perlu kita ketahui:
1.
Perencanaan
Sumber Daya : menentukan sumber daya apa saja yang digunakan dan berapa
jumlahnya.
2.
Estimasi Biaya (Cost Estimating) : menyusun
suatu perkiraan biaya-biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan
suatu proyek.
3.
Penganggaran
Biaya (Cost budgeting) : membuat suatu alokasi perkiraan biaya secara
menyeluruh ke dalam rincian pekerjaan untuk menetapkan suatu baseline sebagai
ukuran kinerja.
4. Pengendalian Biaya (Cost control) : melakukan pengendalian terhadap perubahan-perubahan pada anggaran proyek.
o Istilah Dalam Manajemen Biaya
Terdapat dua istilah dalam manajemen biaya proyek. Yaitu
:
1.
Biaya
langsung, biaya yang terkait langsung dengan suatu proyek sehingga dapat
ditelusuri secara tepat. Misalkan gaji kariawan proyek, pembelian barang
proyek, dan lain-lain.
2. Biaya tak langsung, biaya yang terkait dengan suatu proyek, tetapi tidak dapat ditelusuri secara tepat. Misalkan, tagihan listrik perusahaan, biaya sewa kantor untuk kegiatan perusahaan dan berbagai proyek.
o Langkah-langkah Untuk Mengoptimalkan Manajemen Biaya
Manajemen biaya sebagai suatu aksi untuk
mengoptimalkan dana perusahaan melalui kegiatan-kegiatan yang menguntungkan,
maka langkah awal yang perlu dilakukan seorang manajer untuk tujuan tersebut
yaitu dengan identifikasi biaya penggerak sebagai biaya utama yang dikeluarkan
perusahaan. Biaya penggerak tersebut merupakan faktor yang bisa memberi
implikasi terhadap total biaya.
Manajer perlu mengelompokkan biaya-biaya yang
dikeluarkan perusahaan berdasarkan kategorinya, misalnya biaya operasional,
biaya sumber daya dan biaya lainnya yang menyangkut kegiatan dalam perusahaan.
Pembedaan biaya tersebut didasarkan pada jenis biaya dan pertanggungjawabannya.
Dalam manajemen biaya terdapat istilah pembebanan
biaya atau cost assignment sebagai proses pembebanan elemen-elemen biaya ke
tempat penampungan biaya. Seorang manajer bisa memiliki salah satu dari dua
jenis pembebanan atau memilih keduanya yakni alokasi dan pembebanan penelusuran
langsung.
Tujuan alokasi disini yaitu untuk membebankan biaya
tidak langsung (biaya yang tidak mudah ditelusuri dan ekonomis), sedangkan
tujuan penelusuran langsung yaitu untuk membebankan biaya langsung (biaya yang
mudah ditelusuri).
Hanya itu yang bisa dibahas pada materi kali ini. Apabila
ada saran dan komentar silahkan isi didalam kolom komentar ya sobat blogger. Tunggu
blog selanjutnya yaa 😊