- Back to Home »
- Manajemen Proyek »
- SEPERTI APAKAH MANAJEMEN WAKTU PROYEK ITU?
Assalamualaikum
Hi sobat blogger!!
Kali ini saya akan membahas materi mengenai seperti apakah manajemen waktu proyek. Karena Ketika kita akan membuat suatu proyek, kita pasti akan melakukan hal atau step-step yang dibutuhkan. Salah satunya yaitu manajemen waktu proyek. Dengan adanya manajemen waktu proyek ini, bisa membantu kita untuk mengukur seberapa lama proses yang dibutuhkan untuk melakukan proyek tersebut. Baiklah berikut penjelasannya.
§
Pengertian
Manajemen Waktu Proyek
Manajemen
waktu proyek adalah tahapan mendefinisikan proses-proses yang perlu dilakukan
selama proyek berlangsung berkaitan dengan penjaminan agar proyek dapat
berjalan tepat waktu dengan tetap memperhatikan keterbatasan biaya serta
penjagaan kualitas produk/servis/hasil unik dari proyek.
Manajemen waktu proyek merupakan salah satu kompetensi
yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek. Manajemen waktu proyek
dibutuhkan manajer proyek untuk memantau dan mengendalikan waktu yang
dihabiskan dalam menyelesaikan sebuah proyek. Dengan menerapkan manajemen waktu
proyek, seorang manajer proyek dapat mengontrol jumlah waktu yang dibutuhkan
oleh tim proyek untuk membangun deliverables proyek sehingga memperbesar
kemungkinan sebuah proyek dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah
ditentukan.
§ Tahapan Manajemen Waktu Proyek
1. Definisikan aktivitas
Identifikasi
jadwal aktivitas yang harus dilakukan secara spesifik untuk memproduksi
hasil-hasil proyek
2.
Pengurutan
aktivitas
Identifikasi
dan mendokumentasikan keterkaitan antar satu aktivitas dengan aktivitas lainnya
3.
Estimasi kebutuhan aktivitas
Estimasi
jenis dan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas yang
sudah terjadwal
4.
Estimasi durasi aktivitas
Estimasi
perioda yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dari setiap aktivitas
5.
Membangun jadwal
Menganalisis
urutan aktivitas,durasinya, sumber daya yang dibutuhkan dan tantangan pemenuhan
jadwal sampai terbentuknya jadwal pelaksanaan proyek
6.
Mengendalikan jadwal
Mengendalikan
perubahan jadwal proyek
§ Proses Membuat Diagram Waktu
1. Tentukan semua aktivitas yang berawal di node 1. Gambarkan node akhirnya dan tanda panah yang menghubungkan node 1 dengan node-node akhirnya. Tulis huruf atau nama aktivitas disertai estimasi durasi yang dibutuhkan pada tanda panah yang berkaitan.
2. Lanjutkan menggambar network diagram, dengan cara menggambarkannya dari kiri ke kanan. Perhatikan node-node yang diikuti oleh 2 atau lebih aktivitas, atau sebaliknya 1 node yang didahului oleh 2 atau lebih aktivitas, jika perlu digabung atau dipisahkan.
3. Diagram terus digambar hingga semua aktivitas tercantum pada diagram, termasuk keterkaitan/ketergantungan satu aktivitas dengan aktivitas lainnya.
4. Perhatikan
aturan : semua tanda panah harus mengarah dari kiri ke kanan, dan tidak ada
tanda panah yang saling berpotongan.
Contoh gambar diagram waktu :
§ Jalur Kritis ( Critical Path)
Didalam memanajemen waktu proyek, terdapat istilah
yang dinamakan jalur kritis. Jadi, jalur kritis ialah jalur yang enunjukkan
kegiatan kritis dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan pada diagram network.
Jalur kritis juga bisa dikatakan sebagai waktu yang terlama (jalur terpanjang
dalam network diagram). Artinya, jika
pada jumlah lama waktu itu proyek tidak selesai maka proyek dianggap selesai
tidak tepat waktu sesuai yang direncanakan.
Baiklah cukup sekian materi yang dijelaskan, apabila
terdapat saran dan masukan silahkan isi dikolom komentar. Semoga bermanfaat ya
gaiss!! See you 😊