Posted by : SHINTA FESRI WANDIRA TI A 1907111419 Tuesday, October 20, 2020

 Assalamualaikum

Hi sobat blogger!!

            Kali ini saya akan membahas materi mengenai seperti apakah manajemen waktu proyek. Karena Ketika kita akan membuat suatu proyek, kita pasti akan melakukan hal atau step-step yang dibutuhkan. Salah satunya yaitu manajemen waktu proyek. Dengan adanya manajemen waktu proyek ini, bisa membantu kita untuk mengukur seberapa lama proses yang dibutuhkan untuk melakukan proyek tersebut. Baiklah berikut penjelasannya.

        §  Pengertian Manajemen Waktu Proyek

            Manajemen waktu proyek adalah tahapan mendefinisikan proses-proses yang perlu dilakukan selama proyek berlangsung berkaitan dengan penjaminan agar proyek dapat berjalan tepat waktu dengan tetap memperhatikan keterbatasan biaya serta penjagaan kualitas produk/servis/hasil unik dari proyek.

Manajemen waktu proyek merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek. Manajemen waktu proyek dibutuhkan manajer proyek untuk memantau dan mengendalikan waktu yang dihabiskan dalam menyelesaikan sebuah proyek. Dengan menerapkan manajemen waktu proyek, seorang manajer proyek dapat mengontrol jumlah waktu yang dibutuhkan oleh tim proyek untuk membangun deliverables proyek sehingga memperbesar kemungkinan sebuah proyek dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

        §  Tahapan Manajemen Waktu Proyek

            1.      Definisikan aktivitas

Identifikasi jadwal aktivitas yang harus dilakukan secara spesifik untuk memproduksi hasil-hasil proyek

            2.      Pengurutan aktivitas

Identifikasi dan mendokumentasikan keterkaitan antar satu aktivitas dengan aktivitas lainnya

            3.       Estimasi kebutuhan aktivitas

Estimasi jenis dan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas yang sudah terjadwal

            4.       Estimasi durasi aktivitas

Estimasi perioda yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dari setiap aktivitas

            5.       Membangun jadwal

Menganalisis urutan aktivitas,durasinya, sumber daya yang dibutuhkan dan tantangan pemenuhan jadwal sampai terbentuknya jadwal pelaksanaan proyek

            6.       Mengendalikan jadwal

Mengendalikan perubahan jadwal proyek

        §  Proses Membuat Diagram Waktu

            1. Tentukan semua aktivitas yang berawal di node 1. Gambarkan node akhirnya dan tanda panah yang menghubungkan node 1 dengan node-node akhirnya. Tulis huruf atau nama aktivitas disertai estimasi durasi yang dibutuhkan pada tanda panah yang berkaitan.

            2.  Lanjutkan menggambar network diagram, dengan cara menggambarkannya dari kiri ke kanan. Perhatikan node-node yang diikuti oleh 2 atau lebih aktivitas, atau sebaliknya 1 node yang didahului oleh 2 atau lebih aktivitas, jika perlu digabung atau dipisahkan. 

            3. Diagram terus digambar hingga semua aktivitas tercantum pada diagram, termasuk keterkaitan/ketergantungan satu aktivitas dengan aktivitas lainnya.

    4. Perhatikan aturan : semua tanda panah harus mengarah dari kiri ke kanan, dan tidak ada tanda panah yang saling berpotongan.

            Contoh gambar diagram waktu :

 

        §  Jalur Kritis ( Critical Path)

Didalam memanajemen waktu proyek, terdapat istilah yang dinamakan jalur kritis. Jadi, jalur kritis ialah jalur yang enunjukkan kegiatan kritis dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan pada diagram network. Jalur kritis juga bisa dikatakan sebagai waktu yang terlama (jalur terpanjang dalam network  diagram). Artinya, jika pada jumlah lama waktu itu proyek tidak selesai maka proyek dianggap selesai tidak tepat waktu sesuai yang direncanakan.

Baiklah cukup sekian materi yang dijelaskan, apabila terdapat saran dan masukan silahkan isi dikolom komentar. Semoga bermanfaat ya gaiss!! See you 😊  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Shinta Fesri Wandira - Disclaimer - Teknik Informatika -Privacy Policy-