Posted by : SHINTA FESRI WANDIRA TI A 1907111419 Monday, September 30, 2019


Assalamualaikum......
Hi teman-teman semua!!!!
  1. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
Postingan saya kali ini akan membahas tentang RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Sebelumnya apa kalian tahu, apa itu RPL?. RPL merupakan disiplin ilmu yang mendalami cara-cara pengembangan softwere/perangkat lunak. Mempelajari rekayasa perangkat lunak juga merupakan salah satu dari manfaat mempelajari ilmu komputer yang penting, sebab suatu komputer tidak akan berjalan tanpa adanya software atau program. Seperti contoh kecil saat menjalankan komputer, tentunya komputer stersebut harus sudah dilengkapi dengan adanya sistem operasi yang telah siap pakai oleh user. Macam-macam dari perangkat lunak ialah website, mobile, destop. Berikut alur pengembangan dari perangkat lunak :
  1. Analysis
Proses menganalisis dan pengumpulan kebutuhan sistem yang sesuai dengan domain informasi tingkah laku, unjuk kerja, dan antar muka (interface) yang diperlukan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut didokumentasikan dan dilihat lagi dengan pelanggan.
  1. Tahapan ini juga memnentukan apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan software/perangkat lunak
ü  Alat-alat
ü  Bahan
  1. Tahapan menentukan kebutuhan sistem
ü  Fungsional – kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja/layanan apa saja yang nantinya hrus disediakan oleh sistem
ü  Non Fungsional – kebutuhan yang menitikberatkan pada properti perilaku yang dimiliki oleh sistem
ü  DLL
  1. Design
Proses desain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, dan detail (algoritma) prosedural.

a.       Tahapan pembuatan desain Storyboard
b.      Tahapan pembuatan desain Mockup
c.       Tahapan pembuatan desain Database
d.      DLL

  1. Developmant
Proses Developmant yaitu proses pengembangan pada perangkat lunak, berikut tahapan-tahapannya:
Pada alur Developmant ini memilik beberapa tahapan :
  1. Tahapan Pembuatan Prototype
·         HTML, CSS, JS, PHP, ASP, XML, DLL (Web)
·         Java, C++, C#, JS, XML, DLL (Mobile)
·         Pascal, Java, C, C++, C#, Visual Basic, Visual Basic.NET (VB NET), Phyton, Delphi, DLL (Desktop)
  1. Tahapan Pengecekan Prototype
·         Pengecekan Fungsi
·         Pengecekan Implementasi Desain
  1. Testing
Testing atau pengujian akan berakhir ketika semua kelompok pengguna bisa menerima perangkat lunak berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Pada alur Testing ini memiliki beberapa tahapan:
Pengujian dilakukan pada pengguna, contoh:
·         Uji Usability
·         Uji User Experience (UX)
·         Uji PageSpeed (Website)
·         DLL

  1. Publish
Publish ini software/perangkat lunak yang sudah siap untuk dijual-belikan atau digunakan untuk mendukung pekerjaan dan di manfaatkan sebaik-baiknya. Contoh perangkat lunak yang dijual-belikan:
·         Jika Website = sudah dipromosikan ke pengguna secara umum
·         Jika Mobile = sudah dimasukkan ke Playstore/App Store
·         Jika Desktop = sudah dibuat kedalam paket instal [*.eve]
  1. Rekayasa Web
Rekayasa web adalah proses yang digunakan untuk menciptakan aplikasi web yang berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian. Rekayasa web gabungan antara web publishing (suatu konsep yang berasal dari printed publishing) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman. Alternatif dari rekayasa web yaitu :
  • Programming (HTML, CSS, PHP)
  • Framework CSS (Bootstrap + PHP)
  • Framework PHP (CI, Yii2, Laravel)
  • Framework CSS + PHP
  • CMS (Wordpress, Joomla, Drupal)
  1. CMS WordPress
WordPress adalah perangkat lunak yang dirancang untuk semua orang, menekankan aksesibilitas, kinerja, keamanan, dan kemudahan penggunaan. 34% Website di dunia memakai WordPress, dari blog hobby hingga portal-portal berita terbesar. Dilisensikan di bawah General Public License (GPLv2) atau yang lebih baruWordPress Open Source (Free).
  1. WordPress = Open Source
  1. Kebebasan pertama yaitu untuk menjalankan program untuk tujuan apapun.
  2. Kebebasan kedua yaitu untuk mempelajari cara kerja program dan mengubahnya untuk membuatnya melakukan apa yang anda inginkan.
  3. Kebebasan ketiga yaitu untuk mendistribusikan ulang.
  4. Kebebasan keempat yaitu untuk mendistribusikan salinan versi modifikasi anda kepada orang lain.
  1. Keunggulan WordPress

  1. Fitur WordPress
  1. Manajemen konten
·         Posting
·         Halaman
·         Komentar

  1. Manajemen tampilan
·         Themes
·         Widgets
·         Menu
·         Themes editor
  1. Plugins
  2. Manajemen user

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Shinta Fesri Wandira - Disclaimer - Teknik Informatika -Privacy Policy-